Cara Membuat Manisan Pepaya Kering, Lezat!

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering, Lezat!

Cara membuat manisan pepaya kering – Siapa yang tak mengetahui manisan? Manisan merupakan salah satu olahan makanan yang mempunyai rasa yang sedap dan lezat. Lazimnya, bahan yang diwujudkan manisan merupakan buah-buahan.

Nah, buah diwujudkan manisan bertujuan agar mempunyai masa simpan yang lebih panjang. Apalagi sekiranya diwujudkan menjadi manisan kering. Daya tahan simpan buah juga dapat menjadi lama, selain karena dapat diawetkan oleh gula, manisan yang kering juga mempunyai kadar air yang cukup sedikit.

Saat ini, sudah banyak ragam manisan dari bahan yang berbeda-beda. Kamu dapat menemukan manisan yang terbuat dari buah mangga, manisan buah salak dan juga manisan dengan buah-buah yang lainnya.

cara membuat manisan pepaya kering

Pepaya atau nama latinnya disebut dengan nama Carica papaya merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan pada buahnya. Pepaya juga merupakan salah satu jenis tanaman yang gampang tumbuh sehingga tak perlu perawatan yang ribet dalam proses menanamnya.

Selain buah matangnya yang sangat segar dan lezat, daunnya malah dapat dimanfaatkan sebagai sayuran karena mengandung zat besi yang cukup tinggi dan sangat bagus sekiranya dikonsumsi ketika mengalami anemia atau kurang darah. Selain itu, bagian bunganya juga dapat dimanfaatkan untuk diwujudkan bahan tumisan.

Baca juga: Cara Membuat Kue Bandung, Berbagai Variasi yang Super Enak!

Pepaya ini berasal dari negara Meksiko, Amerika Selatan. Saat ini, di nusantara malah pepaya sudah bukan hal yang asing lagi karena tanaman hal yang demikian sudah menyebar luas di sebagian daerah. Indonesia mengetahui pepaya dari bahasa Belanda merupakan papaja.

Tetapi, di sebagian daerah juga dikenal dengan sebutan lain yang berbeda seperti kat├Ęs yang berlaku di daerah Jawa dan sebutan gedang yang berlaku di daerah Sunda.

Kandungan Gizi Pepaya

cara membuat manisan pepaya kering

Seandainya kita berdialog seputar kandungan nutrisi yang terdapat dalam manisan pepaya memang sudah tak dapat diragukan lagi karena bahan dasarnya merupakan pepaya mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Pertama, pepaya mengandung enzim papain sehingga dapat berkhasiat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Kedua, pepaya mengandung vitamin A yang sangat tepat sasaran dalam menjaga kesehatan mata. Ketiga, pepaya juga mengandung Vitamin C yang amat berkhasiat untuk membantu merawat kesehatan kulit wajah agar terhindar dari masalah sel-sel kulit mati.

Nah sudah tahu kan manfaatnya? Berikut adalah beberapa cara membuat manisan pepaya kering yang juga bisa menambah umur simpan agar tidak mudah busuk.

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah

Bahan :

  • 1 buah pepaya mengkal, muda, atau yang masih separo matang ukuran sedang
  • 900 gram gula pasir
  • Larutan garam yang diwujudkan dari 1 liter air ditambah 4 sdm garam
  • Larutan kapur sirih yang diwujudkan dari 1 liter air ditambah 3 sdt kapur sirih
  • Wadah yang dapat ditutup

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah:

  1. Kupas dan potong pepaya dengan ukuran yang tak terlalu besar dan tebal.
  2. Rendam ke dalam larutan garam hingga layu, kemudian tiriskan.
  3. Potong kembali pepaya pantas selera, atau dibentuk menjadi apa saja juga dapat.
  4. Rendam pepaya yang sebelumnya sudah dipotong ke dalam larutan kapur sirih, dan diamkan selama satu malam. Setelah satu malam, tiriskan dan cuci hingga air cucian berwarna bening.
  5. Letakkan pepaya dalam sebuah wadah, tambahkan 200 gram gula pasir dan aduk hingga seluruh pepaya terkena gula. Kemudian diamkan selama 2 jam hingga air dari pepaya keluar, tiriskan pepaya dan sisihkan airnya.
  6. Masak air gula yang sudah digunakan sebagai rendaman pepaya dengan menambahkan 150 gram gula hingga mengental, kemudian angkat dan dinginkan.
  7. Tuang air gula yang sebelumnya sudah dimasak ke buah pepaya, rendam selama semalam hingga air dari buah pepaya keluar lagi.
  8. Lakukan langkah di atas sebanyak 2 kali hingga gula habis.
  9. Manisan pepaya basah siap disajikan.

Baca juga: Cara Membuat Kue Sus, Kudapan Manis Enak dan Mudah Dibuat!

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering

cara membuat manisan pepaya kering

Bahan :

  • 1 buah pepaya mengkal atau separo matang ukuran sedang
  • 2 sdm garam
  • 750 gram gula pasir
  • 250 ml air
  • Larutan kapur sirih yang diwujudkan dari 2 liter air dan 1 sdm kapur sirih

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering:

  1. Kupas dan potong pepaya dengan ukuran yang tak terlalu besar dan tebal. Cuci hingga pepaya bersih dan masukkan ke dalam wadah.
  2. Tambahkan garam dan juga remas-remas buah pepaya dengan lembut hingga pepaya layu. Kemudian cuci dan tiriskan.
  3. Rendam pepaya ke dalam kapir sirih yang sebelumnya sudah dilarutkan selama 2 jam, dan cuci kemudian tiriskan.
  4. Taburi pepaya dengan 250 gram gula pasir, aduk rata hingga air dari pepaya keluar. Diamkan selama 1 jam agar gula meresap ke dalam buah pepaya.
  5. Rebus sisa gula dengan air sebanyak 250 ml hingga mendidih.
  6. Siramkan gula yang sudah dilarutkan ke atas buah pepaya, kemudian diamkan selama satu malam.
  7. Pisahkan antara pepaya dan air rendaman. Rebus air rendaman hingga mengental, kemudian rendam kembali buah pepaya dalam air rendaman selama satu malam.
  8. Lakukan progres di atas satu kali lagi, kemudian jemur pepaya di bawah terik matahari selama 2 hari atau hingga kering.
  9. Manisan pepaya kering siap disajikan.

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Menggunakan Kapur Sirih

Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal, kupas, potong-potong kecil, wujud menurut selera
  • 2 sdm garam
  • 800 gr gula pasir
  • 250 ml air
  • larutan air beras

Cara membuat manisan pepaya kering:

  1. Taburi garam dan remas-remas lembut pepaya hingga layu, cuci dan tiriskan.
  2. Rendam ke dalam larutan air beras sedikitnya selama dua jam. Cuci dan tiriskan.
  3. Taburkan gula pasir 200gr ke buah pepaya, aduk hingga merata dan juga keluar airnya. Biarkan 1 jam agar gula meresap.
  4. Rebus sisa gula dengan 300ml air hingga air benar-benar mendidih. Matikan api, masukkan pepaya lalu rendam semalam.
  5. Tiriskan buah pepaya, rebus hingga air gulanya mengental. Matikan api, rendam kembali pepaya semalam. Tiriskan.
  6. Lakukan progres berulang hingga kental. Kemudian jemur pepaya yang sudah diolah dibawah terik cahaya matahari selama 2 hari.

Baca juga: Cara Membuat Es Cincau Mudah dan Lezat !